Keutamaan Sedekah Informasi Bagi Blog Pemula

sedekah-informasi

Sudahkah kita bersedekah hari ini? Jika belum lakukanlah, karena banyak sekali keutamaan yang dapat kita raih ketika kita rajin bersedekah. “The Power of Giving” jargon yang sering kita dengar atau kita lihat di berbagai media informasi tentang sedekah, tetapi sudahkah tulisan tersebut memberi makna buat kita? Lalu apa hubungannya dengan blogging yang kita lakukan setiap hari?

Apa hubungan nya dengan blogging ya?

Sedekah tidak hanya materi. Sedekah dapat berupa materi dan non materi, bahkan senyuman juga merupakan sedekah. Aktifitas blogging adalah memberi informasi yang berguna kepada orang lain juga dinilai sedekah oleh Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Bagi Blog Pemula apalagi karena membangun blog awal-awal sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh yang dapat menghambat blog kita berkembang.

Berikut ini saya kutif dari sharing saya bersama seorang Dosen dari salah satu Institut Agama Islam di Kalimantan. Menurut beliau bahwa orang yang gemar bersedekah akan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang apabila saya hubungkan dengan aktifitas blogging, Berikut Keutamaan Sedekah Informasi Bagi Blog Pemula:

  • Mendapatkan Pahala dan dosa diampuni
  • Aktifitas Blogging menjadi berkah
  • Menghilangkan kejenuhaan dan stres
  • Bermunculan ide dan gagasan untuk postingan
  • Penghasilan blogging mulai meningkat
  • Bertambahnya ilmu blogging
  • Terhindar keburukan dan jatuh miskin
  • dll.

Saking banyaknya keutamaannya sehingga ada istilah “Tangan diatas Lebih baik dari Tangan Dibawah”.

4 Kesalahan Dalam Postingan Blogging

 

kesalahan-postingan

  • Jarang posting

 

Jelas banget kalau Anda jarang posting, pengunjung Anda akan berkurang. Ini saya alami sendiri ketika saya tidak mengupdate blog saya selama 2 minggu karena harus ke luar kota. Menulis blog itu mirip dengan menaman bunga, posting adalah siramannya.Okelah 2 atau 3 hari tidak di siram, tapi kalau 1 bulan tidak disiram bagaimana?Bisa mati dong bunganya?Idealnya posting sehari sekali.

 

  • Isinya cuma berisi curhatan

Jika Anda ingin menulis blog sebagai catatan harian yang bisa diakses di mana saja, itu memang nggak masalah, namun jika Anda menulis blog agar dibaca orang, ini menjadi masalah. Blog Anda tidak akan dikunjungi orang jika hanya berisi curhatan pribadi (kecuali oleh pacar Anda atau pengagum gelap Anda). Ada pengecualian lagi, jika Anda orang terkenal seperti Budi Rahardjo (ahli IT) atau Dian Sastro, biarpun blognya banyak curhatan dan ide pribadinya, tetap saja menarik minat banyak orang. Tetapi pendapat ini kontroversial alias ada sebagian bloger yang tidak setuju, misalnya pada artikel Dani Iswara atau pada komentar-komentar pengunjung.

 

  • Topik terlalu luas

Pengunjung setia blog Anda, biasanya karena mereka tertarik akan topik-topik tertentu. Misalnya blog ini, saya fokuskan ke topik tips, trik, dan tutorial komputer. Ada juga blog yang mengkhususkan topik lagi, misalnya Tutorial Adobe Photoshop, atau Tutorial Membuat Blog. Beberapa blog dengan topik yang sangat unik dan khusus, sukses menjadi Top Blog di WordPress.com, misalnya: Design Arsitektur, atau Otomotive.

 

  • Memposting topik yang menyimpang

Jika Anda sudah menentukan topik, konsistenlah dengan topik tersebut.Misalnya blog Anda seputar hukum dan agama, maka janganlah memposting tentang beasiswa.

 

Estetika Dasar Blogging

estetika-blogging

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi tentunya setiap kita dipermudah dalam menyelesaikan dan menangani berbagai problematika hidup yang cukup kompleks dan variatif. Tak terkecuali kegiatan blogging. Dengan media internet setiap orang bisa menyalurkan berbagai hobi, ide, kreativitas, argumentasi bahkan informasi belahan dunia dengan cara menuliskannya secara online. Itulah yang biasa disebut dengan kegiatan blogging.  Adapun yang dinamakan dengan blogger adalah para pemilik blog itu sendiri.

Namun menurut penulis, dalam kegiatan blogging pada dasarnya terdapat beberapa aturan atau estetika dasar blogging agar setiap pengunjung bisa merasa nyaman dalam melakukan surfingnya, diantaranya :

  1. Tema Postingan

Tema yang ditulis hendaknya berdasarkan ide kreatif dari blogger sendiri / tidak asal copy paste, kalaupun melakukan copy paste hendaknya disertai sumbernya.

  1. Konten Postingan

Konten postingan tidak boleh menyakiti/merugikan pihak tertentu, karena urgensi dari bogging selain dari menulis adalah untuk mencari rekan di cyberworld guna menambah pengetahuan/ilmu.

  1. Komentar

Komentar yang diberikan pada suatu postingan seharusnya berupa saran/kritik demi sempurnanya tema suatu tulisan.

  1. Buku Tamu/Guest book

Setiap halaman blog sudah seharusnya di pasang buku tamu yang digunakan untuk menyapa sesama blogger demi solidnya hubungan komunitas sesama blogger.

  1. Update Postingan

Sudah seharusnya para blogger agar mengupdate tulisannya (minimal sebulan sekali) demi bertambahnya pengetahuan sesama blogger dan agar pengunjung tidak merasa jenuh dengan kontennya yang monoton.

 

Etika Dalam Blogging

th1

Memang benar blog itu dapat membuat kita menjadi eksresif dalam menuangkan gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran kita. Memang benar blog memberikan kebebasan untuk berkomentar, bercuap-cuap dan berinteraksi antar sesama pengguna blog. Namun, di luar itu tetap juga ada batasan-batasan normatif yang sebaiknya jangan kita langkahi agar tidak dianggap kurang ajar dalam memanfaatkan blog.

Seperti yang diutarakan Rebecca Blood, si master blogger, “The weblog greatest strength – its uncensored, unmediated, uncontrolled voice – is also its greatest weakness. Kekuatan blog sebagai sarana berekspresi sebebas-bebasnya justru dianggap sebagai titik terlemah dari blog itu sendiri. Maka dari itu dibuatlah buku “The Weblog Hadbook: Practical and Maintaining Yout blog” yang isinya membahas seputar etika ngeblog itu sendiri.

Berikut etika dalam blogging yang dapat kita pakai, diantaranya:

  1. Tulislah Fakta.
  2. Hargai sumber tulisan.
  3. Koreksi tulisan.
  4. Tidak menghapus tulisan.
  5. Tidak mengganti alamat postingan.
  6. Keterbukaan terhadap konflik kepentingan.
  7. Tidak menghapus komentar.
  8. Tahu batas pribadi dan publik.
  9. Tidak kopi-paste.
  10. Tidak memicu kerusakan.
  11. Menampilkan identitas.

Contoh diatas merupakan hal yang lumrah jika kita sudah berada di area blogging, maka dari itu ngeblog lah dengan serius dan sungguh-sungguh.

Beberapa Istilah Yang Di Pakai dalam OS Android

istilah-android
APK == Android Package, atau IPA di iPhone (buat pengguna iPhone), SIS di Symbian
s60 , atau JAR di BB(buat pengguna BB) dan
java based devices atau lainnya adalah , file-file atau data dengan ekstensi .apk bisa digunakan
untuk menginstall aplikasi di android device, yang lebih kita dengan Smartphone Android.

Disini saya tidak akan membahas tentang sejarah android lahir, tetapi membahas sebatas istilah-istilahnya saja. Berikut Beberapa Istilah Yang Di Pakai dalam OS Android:

  • BRICK(ed) == kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa
    dianggap seperti batu-bata (brick) yg dapat digunakanuntuk ngelempar anjing
    (kalau dbutuhkan)..
  • adb = command buat ngejembatani perintah di android lewat pc..klo adb shell
    termasuk bagiannya..extensi command adb ada banyak bro, seperti adb push, adb
    pull, adb install dll…syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sdh terpasang
    di pc…biasanya di device manager (windows) akan terlihat andoid adb
    composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya..klo nexus,
    htc magic, dream bisa pakai driver bawaan usb…kalo motorola milestone bisa
    dari cd bawaannya atau pakai motorola software update…
  • adb.exe = bisa di ambil dari sdk (dah include didlm android sdk)..ada di folder
    tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dgn mengetik “adb help”
  • adb shell logcat = buat mengetahui proses yg terjadi diandroid, berguna banget
    saat experiment flashing rom…
  • IMAP = Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive
    email selain POP3
  • POP3 = Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam
    menarik email
  • Widget = salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif
  • GUI = Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic
    (gambar ? )
  • N900 = seri nokia 900
    Maemo = jenis operating system N900 yang ditanamkan oleh nokia, OS nya salah
    satu distro nya Linux
  • Robot ijo = julukan nya untuk android , karena logo nya android berbentuk robot
    dan warna nya hijau *cmiiw*
  • GMS = Google Market Services, tempat download nya aplikasi2 di Android (kayak
    apps store di iphone, appworld di BB)
  • N1 / Nexus One = google phone pertama yang berbasis android dibuat oleh HTC
  • Miley = julukan untuk Milestone, salah satu android rakitan nya Motorola
  • BW = bandwidth
  • Ratjoen = godaan yang disebarkan oknum terhadap salah satu product
  • Root = super user di salah OS (dalam hal ini Android)
  • nge-root = proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root
  • Apps2SD = Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke
    memori internal,
  • AOSP = Android Open Source Project,
  • Boot = Proses menghidupkan handheld,
  • Bootloader = gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device,
  • Bootloader Mode – FASTBOOT load = Tombol Camera + Power, pada mode
    boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh
    di SDcard dengan menekan tombol Power lagi,
  • Cache2SD = Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard,
  • Cupcake = Google internal code name for the Android OS
    version 1.5,
  • Dalvik = versi lite nya Java Virtual Machine (JVM) yg di pake di dlm
    Android,
  • Diagnostic Mode = Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake
    tombol volume untuk pilih item ),
  • Donut ( Donat ) = Google internal code name for the Android OS version
    1.6,
  • Eclair = Google internal code name for the Android OS version 2.0,
  • Froyo ( Frozen Youghurt – Youghurt beku ) = Google internal code name
    for the Android OS vesion 2.1,
  • Fastboot : Tool yg digunakan untuk mem-flash image sistem ke handheld
    dr komputer,
  • NAND : Tipe flash memory yang digunakan di handheld, The type of flash
    memory that is used in the HTC Dream, istilah ini biasanya digunakan
    menggantikan istilah ROM,
  • Nandroid : utility yg dipake buat bikin image untuk backup maupun
    restore,
  • Normal Mode : cara normal menghidupkan handheld,
  • OTA : Over The Air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah
    dipake pd aktifitas meng-update (istilah lainna mgkn download),
  • Recovery Mode : Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa
    membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore. Teken
    Call + Menu + Power beberapa kali untuk keluar dr mode ini,
  • ROM : Read Only Memory, suatu area dr flash memory yang gak bisa
    “ditulis/diisi”,
  • Safe Mode : Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi
    tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yg berhubungan
    denganna gk bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll),
  • SPL : Secondary Program Loader (mirip kaya BIOS – Basic Input Output
    System ), bagian kedua terdiri dari bootloader,

Sumber :
http://www.mail-archivedotcom