Etika Dalam Blogging

th1

Memang benar blog itu dapat membuat kita menjadi eksresif dalam menuangkan gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran kita. Memang benar blog memberikan kebebasan untuk berkomentar, bercuap-cuap dan berinteraksi antar sesama pengguna blog. Namun, di luar itu tetap juga ada batasan-batasan normatif yang sebaiknya jangan kita langkahi agar tidak dianggap kurang ajar dalam memanfaatkan blog.

Seperti yang diutarakan Rebecca Blood, si master blogger, “The weblog greatest strength – its uncensored, unmediated, uncontrolled voice – is also its greatest weakness. Kekuatan blog sebagai sarana berekspresi sebebas-bebasnya justru dianggap sebagai titik terlemah dari blog itu sendiri. Maka dari itu dibuatlah buku “The Weblog Hadbook: Practical and Maintaining Yout blog” yang isinya membahas seputar etika ngeblog itu sendiri.

Berikut etika dalam blogging yang dapat kita pakai, diantaranya:

  1. Tulislah Fakta.
  2. Hargai sumber tulisan.
  3. Koreksi tulisan.
  4. Tidak menghapus tulisan.
  5. Tidak mengganti alamat postingan.
  6. Keterbukaan terhadap konflik kepentingan.
  7. Tidak menghapus komentar.
  8. Tahu batas pribadi dan publik.
  9. Tidak kopi-paste.
  10. Tidak memicu kerusakan.
  11. Menampilkan identitas.

Contoh diatas merupakan hal yang lumrah jika kita sudah berada di area blogging, maka dari itu ngeblog lah dengan serius dan sungguh-sungguh.

Be Sociable, Share!

2 Responses to “Etika Dalam Blogging”

  1. You ought to take part in a contest for one of the most useful websites
    on the web. I am going to highly recommend this website!

  2. Totally pinning this and maybe hopefully one day I will actually make it 🙂 If you get a sec, I'd love to hear your thoughts on my latest post. xobtw.daisyraewoutique.comwww.kacieskloset.blogspow.com