Cara Membayar Hutang Dengan Berhutang Lebih Besar

cara-membayar-hutang

Anda mempunyai hutang di bank atau lembaga keuangan lainnya? jika ya, anda sama seperti saya! Lalu Apakah hutang tersebut mampu anda bayar atau cicil setiap jatuh tempo? jika tidak anda seperti saya, dulunya!

Baik, saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya berhutang sehingga saya bebas dari hutang yang melilit dan membuat saya berfikir keras untuk membayarnya.

Pada tahun 2011 saya memberanikan diri untuk melakukan pinjaman atau kredit di salah satu lembaga keuangan sebesar 30 juta dengan bunga 7 % pertahun untuk modal usaha, kebetulan usaha saya bergerak dibidang budidaya tanaman perkebunan.

Modal 30 juta tersebut sebagian saya belikan sebidang tanah, sisanya saya gunakan untuk upah karyawan dan biaya operasional seperti pembelian bibit, pupuk, racun herbisida, transportasi dan komunikasi dan lain-lain.

Setelah semua telah dipersiapkan dengan baik, maka lahan tersebut siap ditanami.

Beberapa bulan kemudian modal saya pun habis tetapi tanaman tersebut belum menghasilkan buah, singkat cerita terjadi musibah pada usaha tanaman perkebunan saya karena kekeringan.

Modal habis, usahan tanaman perkebunan pun gagal total, hanya hutang yang tersisa.

Hal ini membuat saya berfikir untuk segera mencari jalan untuk membayar cicilan hutang tersebut. Lalu munculah ide untuk berhutang lagi tetapi dengan jumlah yang lebih besar.

Apa alasan saya berhutang lagi dengan jumlah lebih besar? karena selain untuk menutupi ciclan bank dan biaya operasional yang masih tertinggal belum dibayar juga untuk membangun usaha kembali.

Caranya adalah, saya mencari bank yang mau membiayai hutang tersebut dengan pinjaman lunak, ternyata hal ini tidak mudah karena saya harus keluar masuk bank untuk mencarai dan meneliti bank mana kira-kira yang mampu menawarkan pinjaman dengan cicilan lebih kecil dan dalam jangku waktu panjang.

Selain itu, saya juga mencoba untuk menanam kembali lahan tersebut dengan sayur-sayuran yang tidak memerlukan modal besar agar jika pihak pank melakukan survei maka lahan atau usaha yang kita lakukan tersebut dianggap betul-betul produktif. Saya juga telah memperisapkan kebun tersebut menjadi jaminan kepada pihak bank apabila mereka meminta jaminan pinjaman yang saya lakukan.

Ternyata ada juga bank yang mau meminjamkan saya uang sebesar 80 juta dengan bunga rendah yaitu 2% pertahun. Hal ini karena kita betul-betul berusaha meyakinkan pihak bank bahwa modal tersebut kita pergunakan untuk mengembangkan usaha dan lahan tersebut.

Akhirnya pinjaman saya disetujui, jadi jika kita lebih teliti memilih lembaga keuangan atau bank dan mau sedikit berusaha untuk berhubungan baik dengan mereka maka pihak bank akan sangat percaya kepada kita, selain itu kita tidak boleh menunda pembayaran cicilan dalam tahun-tahun pertama. Selain itu jika kesulitan untuk membayar cicilan tersebut maka kita dapat berkonsultasi dengan mereka mengenai solusi yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah pembiayaan.

Be Sociable, Share!

One Response to “Cara Membayar Hutang Dengan Berhutang Lebih Besar”

  1. : Merci beaucoup ! Et sinon pour ma bouche, j’avais mis du ro -lgÃu-eèvres, c’est mon petit luxe, un Rouge Allure de Chanel, le n°8. En fait je ne mets que ça. 🙂